'/> Pembahasan Un Bahasa Indonesia Ihwal Kalimat Penjelas -->

Info Populer 2022

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Ihwal Kalimat Penjelas

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Ihwal Kalimat Penjelas
Pembahasan Un Bahasa Indonesia Ihwal Kalimat Penjelas
.com - Kalimat Penjelas. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia perihal kalimat penjelas untuk tingkat menengah atas. Dalam sebuah karangan atau paragraf, selain terdapat kalimat utama, terdapat pula beberapa kalimat penjelas yang berfungsi memperjelas kalimat utama. Kalimat penjelas harus berafiliasi dengan kalimat utama atau topik pembicaraan semoga paragraf menjadi padu. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal perihal kalimat penjelas yang pernah keluar dalam soal ujian nasional sebagai citra bagi anak didik untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Kalimat Penjelas yang Tidak Padu

Cermati paragraf di bawah ini dengan seksama!
(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan aturan di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa masalah yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja menyatakan secara ideal asus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak sanggup dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh lantaran itu, penegakan aturan dalam banyak sekali bidang harus dilaksanakan secara membersihkan, transparan, dan profesional.

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf di atas yakni ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Sebuah paragraf intinya merupakan rangkaian kalimat yang saling berafiliasi dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Di dalam sebuah paragraf terdapat gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama merupakan dasar pengembangan sebuah paragraf dan biasanya dituangkan dalam kalimat utama.

 Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia perihal kalimat penjelas unt PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG KALIMAT PENJELAS

Sedangkan gagasan pendukung merupaka gagasan yang berfungsi memperjelas gagasan utama dan biasanya dituangkan ke dalam beberapa kalimat penjelas. Antara kalimat utama dan kalimat penjelas harus terdapat relevansi dan disusun sedemikian rupa semoga dihasilkan susunan yang padu sehingga paragraf mempunyai satu kesatuan pokok pembahasan dan tidak sumbang.

Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak mendukung pandangan gres pokok atau melenceng dari topik pembahasan. Topik paragraf di atas yakni "Lemahnya penegakan huku di bidang lingkungan", dengan demikian kalimat yang tidak padu yakni kalimat kelima, yaitu "Oleh lantaran itu, penegakan aturan dalam banyak sekali bidang harus dilaksanakan secara membersihkan, transparan, dan profesional".

Jika diperhatikan, kalimat lima memang menyinggung duduk masalah penegakan hukum, namun tidak secara spesifik memperjelas duduk masalah penegakan aturan di bidang lingkungan. Kalimat tersebut lebih cocok jikalau topiknya yakni mengenai pengaplikasian penegakan aturan di segala bidang. Lagipula kalimat tersebut cenderung merupakan tamat dan sama sekali tidak menyimpulkan apa yang dibahas pada kalimat sebelumnya.
Jawaban : E

Soal 2 : Kalimat Penjelas yang Sesuai dengan Topik

Bacalah topik dan urutan kalimat penjelas diberikut ini!
Topik : Keperingkatan Bangsa Amerika
Kalimat penjelas :
(1). Indonesia mengirim cowok pelajar untuk berguru di Amerika demi kemajuan Indonesia di masa depan.
(2). Dalam dunia bisnis Amerika menduduki banyak sekali peringkat.
(3). Majalah dikenal ibarat Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan milik Amerika dan keuntungannya.
(4). Salah satu ciri khas bangsa Amerika yakni kesukaannya meningkatkan peringkat prestasi dalam bidang apapun.
(5). Di Indonesia, bangsa Amerika banyak melaksanakan bisnis.

Kalimat penjelas yang berafiliasi dengan topik tersebut yakni ....
A. Kalima (1), (2), dan (3)
B. Kalimat (2), (3), dan (4)
C. Kalimat (3), (4), dan (5)
D. Kalimat (4), (2), dan (5)
E. Kalimat (5), (4), dan (3)

Pembahasan : 
Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mengandung gagasan penjelas, yaitu gagasan yang mendukung atau memperjelas gagasan utama. Gagasan utama biasanya terkandung dalam topik. Topik yang dipakai yakni keperingkatan Bangsa Amerika, sehingga yang dibicarakan yakni mengenai peringkat atau pencapaian Bangsa Amerika.

Dari kelima kalimat penjelas yang didiberikan, kalimat yang paling relevan dengan topik dan berfungsi memperjelas gagasan utamanya yakni kalimat (2), (3), dan (4). Ketiga kalimat tersebut menjelaskan bagaimana peringkat dan kecenderungan bangsa Amerika dalam meningkatkan peringkat mereka. Sedangan kalimat (1) dan (5) tidak relevan dengan topik sehingga kurang sempurna dipakai sebagai kalimat penjelas. Jika dipakai dalam paragraf, kedua kalimat tersebut tidak akan padu.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Kalimat Deskripsi sebagai Penjelas

Perhatikan topik dan penggunaan beberapa kalimat penjelas diberikut ini!
Topik : Pantai Kuta
Kalimat pejelas :
(1). Pantai ini terlihat terang lantaran letaknya hanya seratus meter dari jalan utama.
(2). Pantai Kuta terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota.
(3). Di pantai Kuta ini, terdapat dua kawasan yang telah dikompliti akomodasi penginapan.
(4). Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.

Urutan kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut yakni ....
A. (2), (1), (3), (4)
B. (1), (3), (2), (4)
C. (3), (2), (1), (4)
D. (2), (4), (1), (3)
E. (1), (3), (4), (2)

Pembahasan :
Karena topiknya yakni pantai Kuta, maka gagasan utamanya yakni mengenai Pantai Kuta. Gagasan tersebut sanggup saja mengenai letak, kondisi, atau suasana Pantai Kuta secara umum. Gagasan tersebut kemudian sanggup diperjelas dengan gagasan penjelas berupa kalimat-kalimat penjelas yang lebih khusus atau detail terkait gagasan utamanya.

Keempat kalimat penjelas yang dituliskan di atas mempunyai relevansi dengan topik yang dipilih sehingga sudah sempurna digunaan sebagai penjelas. Hanya saja, kita harus mengurutkan kalimat-kalimat tersebut semoga dihasilkan kalimat deskripsi, yaitu kalimat yang menggambarkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seakan-akan mengalami sendiri kejadian yang digambarkan.

Oleh lantaran itu, urutan kalimat harus diperhatikan sehingga informasi yang disampaikan menjadi lebih teratur dan praktis dipahami. Jika dilihat menurut alur dan keterkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat lainnya, maka urutan yang paling sempurna untuk mendeskripsikan Pantai Kuta yakni (2), (1), (3), dan (4).

Penggambaran dimulai dengan menjelaskan letak, fasilitas, kemudian suasana atau kondisinya. Kalimat (1) merupakan lanjutan dari kalimat (2) yaitu memperjelas letak Pantai Kuta. Sedangkan kalimat (4) memperkuat kalimat (3), yaitu menjelaskan sebenarnya Pantai Kuta ramai dikunjungi oleh wisatawan lantaran sudah mempunyai akomodasi penginapan.
Jawaban : A

Soal 4 : Kalimat Penjelas yang Kurang Tepat

Bacalah teks diberikut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rebanyak macam untuk megampangkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara sanggup memakai transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer bahtera untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan sanggup berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.

Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut yakni ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Seperti yang telah dibahas pada soal sebelumnya, kalimat penjelas merupakan kalimat yang mengandung gagasan penjelas dan berfungsi memperjelas atau memperkuat kalimat utama, atau untuk membuatkan topik pembicaraan. Sesuai dengan fungsinya, tentu kalimat penjelas haruslah relevan dengan topik yang dibicarakan dan menjelaskan gagasan utama yang ada pada kalimat (1).

Teks di atas berbicara mengenai akomodasi transportasi rebanyak macam yang disediakan di objek wisata Pangandaran. Jadi, konsentrasi pembahasannya yakni mengenai transportasi tersebut, contohnya apa jenis transportasinya, siapa yang sanggup menggunakannya, dan untuk apa transportasi itu disediakan. Nah, gagasan penjelas tersebut terdapat pada kalimat (2), (3), dan (4). Sedangkan kalimat (5) tidak relevan dengan gagasan utama alasannya kalimat tersebut lebih menjelaskan situasi Pantai Pangandaran daripada transportasinya.
Jawaban : E

Soal 5 : Mengidentifikasi Kalimat yang Sumbang

Bacalah paragraf diberikut ini dengan seksama!
(1) Sebagai bangsa Indonesia, sudah semestinya kita mengenal tokoh-tokoh pahlawan, yaitu orang yang berjuang dan berjasa dalam membangun negara kita, Indonesia. (2) Di dalam sinetron yang ditayangkan di televisi, tokoh yang berjiwa pendekar tidak digambarkan secara semestinya. (3) Kita sanggup mengenal tokoh pendekar bangsa melalui diberita atau dongeng guru, buku-buku sejarah Indonesia atau biografinya. (4) Mengetahui tokoh dan perjuangannya sanggup memdiberikan keteladanan bagi kita. (5) Di samping itu, untuk menambah rasa patriotik.

Kalimat sumbang dalam paragraf di aats terdapat pada ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Kalimat sumbang merupakan kalimat yang tidak sesuai dengan rangkaian kalimat lain sehingga terlihat abstrak dan melenceng dari topik yang dibicarakan. Paragraf di atas secara keseluruhan membicarakan mengenai perilaku menghargai pendekar yang berjasa membangun negara. Tentu saja kata pendekar dimaksudkan untuk mereka yang telah berjuang dan rela berkorban demi meraih kemerdekaan.

Kalimat (1) merupakan kalimat utama yang mengandung gagasa pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat (3), (4), dan (5) merupakan kalimat penjelas yang padu dan relevan menjelaskan gagasan utamanya. Sedangkan kalimat (2) memang membahas mengenai pahlawan, namun pendekar yang dimaksud berbeda dengan sosok pendekar yang berjuang melawan penjajah. Jadi, kalimat sumbang dalam paragraf di atas yakni kalimat 2.
Jawaban :  B

Demikialah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia perihal kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Jika pembahasan soal ujian nasional ini berkhasiat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Advertisement

Iklan Sidebar